·
Siswa dapat
membuktikan pecahan
,

·
Siswa dapat membuktikan pecahan
,

·
Siswa dapat
menuliskan lambang pecahan
,

·
Siswa dapat
membilang pecahan dengan lambang
,

·
Siswa dapat
menuliskan lambang pecahan
,

·
Siswa dapat membaca
lambang pecahan
,

·
Siswa dapat
menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
v Karakter siswa
yang diharapkan : Tekun
(Diligence)
Tanggung
jawab (Responsibility)
Ketelitian
(Carefulness)
Kerja
sama (Cooperation)
Percaya
diri (Confidence)
A.
MATERI POKOK
1.
Matematika
·
Pecahan
·
Bangun datar
·
Sudut
·
Persegi dan
persegi panjang
B.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Informasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Demonstrasi
5.
Pemberian Tugas
C.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan Awal
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Nilai Karakter
|
1.
|
Apersepsi :
@ Mengisi
daftar kelas, berdo’a, mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
@ Memotivasi
siswa, untuk mengeluarkan pendapat.
@ Mengajukan
beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu.
|
5
|
Klasikal
|
Religius
Disiplin
Tanggung
jawab
|
B.
Kegiatan Inti
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Nilai Karakter
|
2.
|
s Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
@ Siswa
dapat membuktikan pecahan ,

@ Siswa
dapat membuktikan pecahan ,

@ Guru
memberikan contoh cara menulis lambang pecahan ,

@ Guru
bersama siswa membaca lambang pecahan ,

@ Guru
memberi contoh menulis lambang pecahan ,

|
|
|
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Nilai Karakter
|
|
@ Guru
bersama siswa membaca lambang pecahan ,

@ Guru
memberikan contoh tentang cara menentukan nilai pecahan melalui gambar
@ Siswa
menentukan nilai pecahan melalui gambar
@ Guru
memberikan gambar-gambar yang sudah ada nilai pecahannya
@ Siswa
disuruh mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
@ Guru
memberikan gambar-gambar yang sudah ada nilai pecahannya
@ Siswa
disuruh mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
@ Siswa
membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
s
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
@ Membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
@ Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
lisan maupun tertulis;
Memberi kesempatan untuk berfikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
@ Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
@ Memfasilitasi peserta didik
berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
@ Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun berkelompok;
s
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
@ Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa
@ Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
|
|
|
C.
Kegiatan Akhir
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Nilai Karakter
|
3.
|
Dalam
kegiatan akhir, guru :
@ Guru
mengajukan pertanyaan seputar materi yang diajarkan
@ Siswa
mengajukan pertanyaan seputar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
@ Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
@ Guru
memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
@ Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
|
10
|
Klasikal
|
Tanggung
Jawab
Disiplin
|
D.
Penutup
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Nilai
Karakter
|
4.
|
Dalam kegiatan penutup, guru :
@ Guru menutup pelajaran dengan bacaan
hamdalah dan salam
|
5
|
Klasikal
|
Religius
|
D.
ALAT/SUMBER/BAHAN
Sumber Belajar :
1.
Buku Matematika
2.
Kamus Bahasa
Indonesia
3.
Pedoman EYD
4.
Media elektronik
Alat Peraga :
1.
Piring kertas
2.
Gunting
E.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah proses pembelajaran yang meliputi
Tehnik yakni :
1.
Tes Tertulis
F.
LAMPIRAN
1.
Materi ajar
2.
Lembar Evaluasi
3.
Lembar Penilaian
4.
Kunci Jawaban
Supervisor
2
|
Mengetahui,
Kepala
SDN
|
Nganjuk,....-....-
2017
Praktikan
|
MATERI AJAR
MATEMATIKA
Pecahan Sederhana
Mengenal Pecahan
Kalian
pernah memakan kue tart bukan? Potongan kue tart yang kalian makan itu adalah
sebagian dari kue tart yang utuh. Kalian mungkin hanya memakan seperdelapan
bagian dari kue tart itu.
Sekarang
coba lihatlah gambar di bawah ini! Berarti setiap potongnya merupakan
seperdelapan bagian dari kue tart yang utuh. Kata seperdelapan merupakan
bilangan pecahan.
A.
Mengenal pecahan sederhana
1.
Mengenal pecahan setengah dan seperempat
Perhatikan Gambar A dan B di bawah ini!
(A)
(B)
A.
1.
Satu dibagi 2
bagian yang sama.
2.
Nilai tiap
bagian satu per dua atau seperdua.
3.
Yang di arsir 1 dari
2 bagian, nilainya satu per dua atau seperdua.
4.
Lambang pecahan
itu adalah 
B.
1.
Satu dibagi 4
bagian yang sama.
2.
Nilai tiap
bagian satu per empat atau seperempat.
3.
Yang di arsir 1
dari 4 bagian, nilainya satu per empat atau seperempat.
4.
Lambang pecahan
itu adalah 
2.
Mengenal pecahan sepertiga dan seperenam
1.
Satu dibagi 3
bagian yang sama besar.
2.
Nilai tiap
bagian satu per tiga atau sepertiga.
3.
Yang di arsir 1
dari 3 bagian, nilainya satu per tiga atau sepertiga.
4.
Lambang pecahan
itu adalah 
1.


Satu
dibagi 6 bagian yang sama.
2. Nilai tiap bagian satu per enam atau seper enam.
3. Yang di arsir 1 dari 6 bagian, nilainya satu per
enam
4.
Lambang pecahan
itu adalah
C.
Membaca dan menulis lambang pecahan
Gambar disamping menunjukkan pecahan
setengah. Lambang bilangannya yaitu .... (dibaca setengah atau satu per
dua).
Gambar disamping menunjukkan pecahan
seperempat. Lambang bilangannya yaitu .... (dibaca seperempat atau satu per
empat).
Gambar disamping menunjukkan pecahan
sepertiga. Lambang bilangannya yaitu .... (dibaca sepertiga atau satu per
tiga).
Gambar disamping menunjukkan pecahan
seperenam. Lambang bilangannya yaitu .... (dibaca seperenam atau satu per
enam).
|
|
LEMBAR
EVALUASI
MATEMATIKA
A.
Isilah pecahan dibawah ini sesuai dengan bagian yang
di arsir!
1.
.........
2.

........
3.
.......
4.
.......
5.
.......
6.
.......
.......
Lembar
Penilaian Proses
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (jumlah skor :
jumlah skor maksimal) x 10
Kriteria
Penilaian
1.
Produk (hasil diskusi)
No.
|
Aspek
|
 Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*semua
benar
|
4
|
|
|
*sebagian
besar benar
|
3
|
|
|
*sebagian
kecil benar
|
2
|
|
|
*semua
salah
|
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
 Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kerjasama
|
*bekerjasama
|
4
|
|
|
*kadang-kadang
kerjasama
|
2
|
|
|
*tidak
bekerjasama
|
1
|
|
|
|
|
2.
|
Partisipasi
|
*aktif
berpartisipasi
|
4
|
|
|
*kadang-kadang
aktif
|
2
|
|
|
*tidak
aktif
|
1
|
Chinese prices of titanium in gold, ivory, and copper in
BalasHapusChina has a history of developing gold deposits that have been kept anodizing titanium as an important titanium wallet currency, since titanium body armor ancient times. This is titanium dioxide because it is considered titanium sponge to be the